Objek Wisata Bekas Tambang Batu Bara-Sawahlunto

Objek wisata bekas tambang batu bara di Sumatera Barat semakin diminati oleh wisatawan, dengan berbagai keelokan dan sejarah yang ditawarkannya.

Objek wisata bekas tambang batu bara

Jika selama ini Anda selalu mengunjungi tempat wisata yang mempunyai keindahan alam yang elok, cobalah sesekali mengunjungi destinasi wisata yang memiliki daya tarik sejarah seperti misalnya objek wisata   bekas tambang batu bara kota Sawahlunto di propinsi Sumatera Barat. Tambang batu bara ini adalah obyek wisata yang layak dikunjungi karena tempat ini juga merekam sejarah berdirinya negara tercinta ini, apalagi pemerintah daerah telah melakukan banyak pembenahan demi memajukan sektor pariwisata di kota ini.

Lubang Mbah Soero

Salah satu objek wisata bekas tambang batu bara  yang dapat Anda kunjungi di kota Sawahlunto adalah lubang Mbah Soero, yaitu bekas tambang batu bara yang aktif pada jaman pendudukan BelAnda dengan tenaga kerja para tawanan dari seluruh wilayah Indonesia yang dipaksa untuk bekerja keras menambang batu bara. Para pekerja paksa ini disebut sebagai orang rantai, karena mereka bekerja dengan kaki dan tangan dirantai agar tidak melarikan diri.
Tidak semua pekerja ini adalah para kriminal yang dihukum karena melakukan kejahatan, di antara mereka terdapat pula para pahlawan yang menentang penjajahan Belanda di tanah air, salah satunya adalah Mbah Soero, seorang tokoh dari Jawa yang disegani dan menjadi pemimpin para orang rantai. Oleh karena itu namanya kemudian diabadikan menjadi obyek wisata sejarah ini.

Pembenahan obyek wisata oleh pemerintah

Pemerintah berusaha memajukan sektor pariwisata dengan melakukan banyak pembenahan di objek wisata bekas tambang batu bara ini, misalnya membangun tempat wisata air seperti arena jet ski, sepeda dayung, dan banana boat. Selain itu pemerintah juga berusaha melindungi bekas-bekas bangunan khas Belanda di kota Sawahlunto yang tidak sedikit jumlahnya sehingga kota kecil ini mendapat julukan “Belanda Kecil”. Selain itu pemerintah juga menjadikan bekas dapur umum sebagai museum Gudang Rangsum mengingat tempat ini mempunyai kaitan sejarah yang erat dengan obyek wisata bekas tambang batu bara di kota Sawahlunto. 

Dengan berbagai pembenahan pada objek wisata bekas tambang batubara ini semakin banyak wisatawan lokal, maupun dari  luar Sumatera, bahkan hingga mancanegara yang mengunjungi obyek wisata sejarah ini.  By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.