Nama Pesantren di Padang Panjang Yang Termasyur

Perguruan Thawalib adalah nama pesantren di Padang Panjang yang sangat termasyur dengan keistimewaan dan wisata Islami yang ditawarkannya.

Perguruan Thawalib di kota Padang Panjang telah dirintis sejak tahun 1900 oleh ulama Syekh Abdullah Ahmad dan pada perkembangan berikutnya menjadi lembaga pendidikan yang modern namun tetap berpegang kuat pada nilai-nilai Islam. Tokoh yang membawa nafas modern pada perguruan ini adalah DR. Abdul Karim Amarullah yang memperdalam ilmu keislamannya di tanah suci Mekah. 

Thawalib nama pesantren di Padang Panjang yang berada di bawah asuhan tokoh-tokoh ulama intelektual Sumatera Barat, tidak mengherankan jika nama pesantren ini menjadi nama salah satu lembaga pendidikan Islam yang termasyur.

Pesantren ini mempunyai visi dan misi berupaya menyelenggarakan pendidikan dengan mendalami ilmu agama Islam dan keilmuan berkualitas demi menciptakan generasi berakhlak mulia dan cerdas untuk menuju masyarakat islami yang madani. Sekarang lembaga pendidikan ini telah berkembang menjadi jenjang pendidikan taman kanak-kanak Al-Quran, Madrasah Ibtidaiyah unggul terpadu, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Di tempat ini para santri akan memperdalam agama Islam tanpa melupakan pendidikan umum yang akan menjadi bekal kehidupan mereka kelak.

Wisata sejarah pondok pesantren Thawalib

Jika dilihat dari sejarahnya, kita dapat melakukan napak tilas tentang lembaga pendidikan Islam yang dirintis oleh syekh Abdullah Ahmad ini. Mulai dari tempat belajar awal di Surau Jembatan Besi Padang Panjang hingga lokasi belajar di jalan Lubuk Mata Kucing. Pada pintu gerbang depan Perguruan Thawalib Putra, tampak bangunan atap khas yang berupa rumah adat masyarakat Sumatera. Sungguh tepat menjuluki kota ini sebagai kota dengan ciri khas nuansa islami. 

Selain perguruan Thawalib, ada 4 Nama pesantren di Padang Panjang yang masih terdapat; yakni Pesantren Serambi Mekkah, Diniyah Putri, dan Kauman Muhammadiyah. Masih ada lagi puluhan Taman Pendidikan Alquran di kota ini. Para pelajar yang memperdalam agama Islam dari berbagai daerah di Indonesia seakan-akan menjadi denyut nadi kehidupan di kota kecil ini.

Jadi selain pemAndangan alam menakjubkan yang dimiliki propinsi Sumatera Barat, wisata sejarah dan religi pun dapat menjadi pilihan rekreasi Anda di berbagai kota di propinsi tersebut. Jika Anda tertarik untuk melakukan wisata religi, cobalah mengunjugi sebuah nama pesantren di Padang Panjang yang sangat termasyur, yaitu perguruan Thawalib.By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.