Masjid Raya Terbaru Sumatera Barat

Masjid Raya Terbaru Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat Masjid Mahligai Minang- Rumah ibadah, shelter Tsunami, dan objek wisata religi

Masjid Raya Sumatera Barat yang sekarang masih dalam tahap pembangunan ini sedianya akan menjadi salah satu masjid yang terbesar di Indonesia yang dapat menampung hingga 20 ribu jamaah. Masjid sekaligus objek wisata religi yang juga diberi nama Masjid Mahligai Minang ini terletak di Jalan Khatib Sulaiman, Padang Utara dan berdekatan dengan Pantai Padang.

Bukannya tanpa maksud bahwa masjid ini dibangun di dekat Pantai, karena kelak masjid raya ini selain sebagai rumah ibadah juga berfungsi sebagai tempat perlindungan berkapasitas 4000 orang seandainya terjadi bencana tsunami.

Selesai tahun 2014
Tempat wisata religi Masjid Mahligai Minang ini diawali pembangunannya pada tahun 2007 dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Sumatera Barat, Gamawan Fauzi  dan diperkirakan akan selesai secara total pada tahun 2014. Masjid yang berdiri di atas lahan dengan luas 40 ribu meter persegi ini berlantai 3 dan pada sisa lahannya akan digunakan untuk taman, tempat parkir, serta bangunan yang paling penting yaitu tempat evakuasi bila terjadi gempa tsunami. Pada tahun 2014 pihak penyelenggara menjadwalkan pembangunan empat menara setinggi 100 meter pada masjid raya, yang merupakan tahap akhir pembangunan.

Bantuan Raja Arab
Dana yang harus dikeluarkan APBD propinsi Sumatera Barat untuk pembangunan lokasi wisata religi ini kabarnya lebih dari 500 milyar rupiah. Sebenarnya raja Arab juga memberikan bantuan dana untuk membangun masjid raya ini, tetapi karena terjadi gempa di Padang pada tahun 2009, dana bantuan tersebut disalurkan untuk membantu korban gempa dan memperbaiki fasilitas umum yang porak-poranda.  

 Arsitektur
Arsitek perancang masjid yang indah ini adalah Rizal Muslimin, yaitu pemenang kompetisi design Masjid Raya Sumatera Barat yang berhasil menyisihkan 323 arsitek dari berbagai negara.  Selain berfungsi sebagai tempat ibadah dan shelter tsunami, masjid Mahligai Minang ini juga layak sebagai salah satu lokasi wisata wajib di Kota Padang karena keunikan arsitekturnya yang mengambil bentuk dasar rumah adat masyarakat Minang, yaitu rumah gadang. Pada dinding luar masjid berhias kaligrafi Arab tetapi dengan ukiran berciri khas Padang. By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.