Bengkuang Khas Buah Dari Kota Padang

Bengkuang khas buah dari kota Padang adalah oleh-oleh yang tak boleh terlupa dari kota Padang. Berikut ini adalah ulasan tentang buah bingkuang.

Bengkuang, Buah Sehat Aneka Manfaat dari Kota Padang

Meskipun bukan berasal dari Indonesia, Bengkuang adalah salah satu buah khas dari Kota Padang. Ya, bengkuang atau bengkuang khas dari kota Padang, banyak diminati pula sebagai oleh-oleh  para wisatawan yang mengunjungi kota Padang. Di kalangan wanita, bengkuang tentu tidak asing lagi. Buah yang mengandung banyak air ini sangat menyegarkan jika dinikmati saat hari panas. 

 

Kelebihan Bengkuang Padang

Mengapa bengkuang dari Kota Padang populer? Ini disebabkan karena bengkuang yang ditanam di kota ini menghasilkan buah yang renyah, berukuran lebih besar daripada bengkuang yang dihasilkan daerah lain, manis, dan daging buahnya tidak berserat sehingga tidak akan tersangkut di gigi saat dimakan. Anehnya, walaupun berasal dari bibit yang sama, tetapi bengkuang khas dari kota Padang tetap menghasilkan buah yang lebih unggul, hal ini konon karena dipengaruhi jenis tanah di wilayah Padang. Empat kecamatan penghasil bengkuang super ini adalah Kuranji, Pauh, Koto Tangah, dan Nanggalo.

Khasiat Buah Bengkuang

Buah bengkuang segar dapat dimakan langsung dan baik bagi tubuh karena bengkuang mengandung banyak vitamin E dan dipercaya dapat menyembuhkan panas dalam. Di Pulau Jawa, bengkuang sering dijadikan campuran kuliner rujak manis, yaitu potongan berbagai macam buah dan kadang ditambah tahu goreng lalu disiram saus campuran kacang tanah tumbuk, gula merah, dan cabai kemudian ditaburi bawang goreng kering. Selain itu buah bengkuang dapat dijadikan masker untuk mendinginkan kulit yang terbakar matahari dan pencerah wajah.   

Olahan Lain Buah Bengkuang

Ternyata selain dinikmati dalam keadaan segar, buah bengkuang juga dapat diolah menjadi jus bengkuang, kerupuk bengkuang, dan lapek bengkuang. Varian baru buah tersebut tentu semakin membuat pengunjung semakin meminatinya sebagai oleh-oleh untuk kerabat di kampung halaman. Di daerah Sumatera Barat lainnya di luar Kota Padang, anda juga bisa menemukan rusak, makanan khas Sumatera Barat, dengan bengkuang sebagai salah satu bahannya.

Untuk semakin memasyarakatkan bengkuang sebagai buah maskot dari kota Padang, sebuah UKM di kota Padang mempunyai ide untuk membuat suvenir dari keramik berbentuk bengkuang yang berupa asbak, hiasan untuk di meja, penahan kertas, dan sebagainya. Artikel By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.