Songket dan Kerajinan Kayu dari Desa Pandai Sikek

Songket dari Desa Pandai Sikek yang terkenal ke penjuru dunia
Desa Pandai Sikek adalah sebuah tempat wisata di Sumatera Barat yang terkenal dengan kerajinan songket dan ukiran kayunya.

Desa Pandai Sikek berada di Provinsi Sumatera Barat dan sangat cocok dijadikan tempat wisata untuk berburu oleh-oleh. Oleh-oleh yang bisa dibawa pulang bukan berupa makanan, melainkan sebuah kain songket dan kerajinan kayu khas Sumatera Barat. Desa ini memang sangat terkenal dengan 2 jenis kerajinan ini karena memiliki sisi keindahan yang berbeda dengan kerajinan dari daerah lain.

Songket
Songket adalah sebuah kain tradisional yang biasanya digunakan untuk acara-acara adat seperti pernikahan dan sebagainya. Proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama sehingga harga jualnya juga cukup tinggi. Di lokasi wisata Desa Pandai Sikek, pengunjung bisa mendapatkan songket pandai sikek  asli khas Sumatera Barat yang sangat cantik.

Motif songket yang dibuat secara tradisional oleh penduduk setempat ini memiliki motif yang bernuansa alam. Kebanyakan dari mereka membuat motif songket yang menyerupai bentuk tanaman. Warna-warnanya juga sangat menarik.

Untuk jenisnya sendiri, songket yang bisa ditemukan di tempat wisata Desa Pandai Sikek ini terdiri dari 3 macam berdasarkan kualitas benangnya yaitu benang 1, benang 2 dan benang 3. Songket yang paling mahal yaitu benang 1 dimana pembuatannya lebih rumit dan membutuhkan waktu selama 1 bulan unuk membuat 1 kain saja. Sedangkan untuk benang 2 hanya membutuhkan waktu 3 minggu dan benang 3 hanya membutuhkan waktu 2 minggu saja.

Kerajinan Ukiran Kayu
Selain songket, lokasi wisata padang panjang yang satu ini juga menyuguhkan keindahan lain yang berupa kerajinan kayu desa pandai sikek. Berbagai benuk ukiran dikerjakan oleh penduduk sekitar Desa Pandai Sikek. Kayu-kayu yang diukir tadi biasanya digunakan sebagai dinding untuk rumah gadang. Sama seperti songket, bentuk ukiran dari kerajinan kayu ini juga masih bertemakan tentang alam.

Bagi para wisatawan, kerajinan kayu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh karena sebagian pengrajin membuat ukiran kayu ini dalam bentuk cindera mata. Sehingga wisatawan tetap bisa menikmati keindahan ukiran kayu yang merupakan ciri khas dari Sumatera Barat. Baik songket maupun kerajinan kayu, menjadi roda penggerak kehidupan ekonomi masyarakat setempat.

Jadi, bagi anda yang ingin membeli atau sekedar melihat-lihat kerajinan songket dan ukiran kayu khas Sumatera Barat, anda bisa lansung mendatangi tempat wisata Desa Pandai Sikek. Selain membeli oleh-oleh, sekaligis anda juga bisa mempelajari ciri khas dan budaya Sumatra Barat sehingga bisa menambah ilmu pengetahuan. By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.