Sekilas Tentang Beras Solok

Indonesia menghasilkan berbagai jenis beras unggulan di wilayah yang berbeda; beras Solok adalah salah satu beras unggulan Indonesia  dari Sumatra Barat.

Jika membayangkan beras unggulan, banyak orang Indonesia akan menyebut beras Rojolele yang banyak ditanam di Jawa. Akan tetapi, ternyata ada beras unggulan yang berasal dari Sumatra Barat yang memiliki karakteristik unik dan bahkan sudah diekspor ke negara tetangga. Beras ini adalah beras Solok, yang namanya mengambil nama kabupaten serta kota di Sumatra Barat.

Orang Sumatra Barat memiliki keterikatan kuat dengan beras Solok, sedemikian rupa sehingga beras ini dimasukkan ke dalam salah satu lirik lagu terkenal Elly Kasim, Bareh Solok. Anda akan menjumpai nasi dari beras Solok ini setiap kali makan di restoran Padang di Sumatra Barat; inilah yang membedakan restoran Padang asli di daerah Sumatra Barat dan restoran Padang di propinsi lain.

Mengapa berbeda? Hal ini karena beras Solok yang dibudidayakan di Sumatra Barat memiliki ciri khas yang tidak akan ditemui jika berasnya dibudidayakan di tempat lain. Perbedaan karakteristik ini membuat beras Solok asli Sumatra Barat populer karena kesannya eksklusif, bahkan sudah dinikmati oleh negara tetangga seperti Singapura.

Karakteristik
Beras Solok ada beberapa jenis, seperti pandan wangi, cisokan, anak daro dan caredek. Akan tetapi, yang termasuk paling diminati adalah yang berjenis anak daro. Beras ini memiliki karakteristik berupa butir beras yang mungil dan putih bersih dengan aroma wangi, namun butir beras yang mungil akan membesar begitu nasinya dimasak. Rasanya pulen dan tidak mudah menjadi lembek atau hancur.

Keunikan beras ini membuatnya populer hingga keluar Sumatra Barat, dan sudah dipasarkan di berbagai toko dalam kemasan karung 5 hingga 20 kg. Bahkan, ada pula toko online yang khusus menjual beras Solok asli dari Sumatra Barat. Sayangnya, banyak petani mengeluhkan ulah pedagang nakal yang mencampur beras Solok dengan beras varietas lain sehingga keunikan rasanya jadi berkurang dan tidak identik lagi dengan rasa beras Solok asli.

Beras Solok merupakan salah satu kekayaan pertanian Indonesia dari Sumatra Barat, namun proses perdagangan beras Solok asli tanpa campuran harus didukung agar rasa khas beras ini tetap menjadi ciri khasnya. By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.