Rumah Gadang Sulit Air-Objek Wisata Budaya

Rumah gadang sulit Air merupakan rumah gadang terajang yang ada di Sumatera Barat dan mempunyai nilai kebudayaan sendiri.

Sulit air merupakan salah satu daerah di Sumatera Barat yang terkenal akan budaya dan kuliner khasnya. Sebut saja makanan khas samba hitam yang wajib dicicipi jika berkunjung ke sulit air. Sedangkan untuk objek wisata budaya, ditempat ini dikenal sebuah rumah gadang yang cukup panjang yang terkenal dengan nama rumah gadang 20.

Rumah Gadang Sulit Air untuk Perantau
Wisata rumah gadang di Sulit Ar ini merupakan rumah gadang yang sudah ada sejak 2 abad yang lalu dan masih berdiri kokoh hingga sekarang. Rumah ini disebut sebagai rumah gadang 20 dengan alasan memiliki ruang atau kamar sebanyak 20 buah.

Pengunjung rumah gadang Sulit air bisa mempelajari sejarah dan budaya yang pernah ada di tempat tersebut. Menurut warga setempat, rumah gadang Sulit Air yang mempunya jumlah kamar yang sangat banyak tersebut dahulunya digunakan sebagai tempat atau rumah bagi para perantau yang sudah tidak mempunyai tempat tinggal lagi. Biasanya sepulang merantau, banyak yang tidak mempunyai rumah lagi. Maka dari itu, didirikanlah rumah gadang ini.

Bangunan Rumah Gadang Sulit Air
Usia rumah gadang Sulit Air sendiri sudah mencapai 200 tahun dan tetap berdiri kokoh hingga sekarang. Di sepanjang koridor terdapat 105 tonggak kayu yang menjadi penopang rumah dan jumlah kamarnya tepat berjumlah 20 buah.

Objek wisata yang satu ini cukup menarik perhatian karena berbeda dari rumah gadang pada umumya yang tidak sepanjang ini. disini juga masih tinggal seseorang yang bernama Bu Mina dimana sejak zman nenek moyangnya dulu memang sudah mendiami rumah gadang tersebut. Jadi, pengunjung bisa bertanya langsung kepada Bu Mina.

Rumah Gadang Sulit Air menjadi lokasi wisata yang sangat cocok jika ingin mempelajari budaya Sumatera Barat lebih jauh. disamping keindahan rumah gadang yang tersebar di wilayah ini, ternyata masih ada bentuk keunikan lain yang terdapat dari rumah khas Minangkabau tersebut. Saat ini bangnan rumah gadang Sulir Air sudah terlihat rapuh dan semestinya dilkukan renovasi agar salah satu simbol kebudayaan Sumatera Barat ini masih tetap terjaga.By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.