Menyusuri Lokasi Wisata Jembatan Akar Bayang

Jembatan akar bayang merupakan salah satu jembatan hidup yang ada didunia dan memiliki nilai sejarah yang menarik sehingga dijadikan lokasi wisata bahari.

Bagi para pecinta wisata alam, tentunya tidak akan melewatkan lokasi wisata yang satu ini. Objek wisata yang satu ini berada di Painan provinsi Sumatera Barat, yaitu sebuah jembatan yang berasal dari akar 2 pohon beringin yang saling terhubung dan membentuk jembatan. Warga sekitar menyabutnya sebagai Jembatan Akar Bayang.

Berwisata di Jembatan Akar Bayang
Wisata yang satu ini sangat patut untuk dilestarikan. Hal ini karena Jembatan Akar Bayang memliki pantai yang sangat indah dan memiliki cerita sejarah yang cukup menarik untuk digali. Bagi anda yang ingin berwisata, maka anda dapat menyusuri jembatan tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Selain sebagai lokasi wisata, Jembatan Akar Bayang dipercaya oleh warga sekitar sebagai tempat keramat dan tempat yang disucikan. Bahkan menjelang puasa, jembatan ini selalu ramai dikunjungi oleh warga yang memohon agar amalan-amalannya diterima.

Sejarah Lokasi Wisata Jembatan Akar Bayang
Dari cerita-cerita yang beredar di Sumatera Barat, jembatan ini diyakini merupakan karya dari seorang ulama yang bernama Pakih Sokan sekitar tahun 1916. Sebagai seorang guru ngaji, Pakih Sokan merasa iba melihat murid-muridnya yang kesulitan ketika akan pergi mengaji ke tempatnya. Hal tersebut dikarenakan adanya Sungai Batang Bayang yang terkena air bah. Karena air bah tersebut, jembatan bambu yang biasanya menjadi jalan menjadi hanyut.

Sebagai guru yang baik, akhirnya Pakih Sokan berinisiatf untuk menanam 2 buah pohon beringin pada bagian sisi sungai. akhirnya pohon beringin tersebut pun tumbuh semakin tinggi dan akar-akarnya dililitkan pada jembatan bambu yang biasa digunakan sebagai prasarana untuk melintasi sungai ini.

Lilitan-lilitan ini pun semakin hari bertambah kokoh dan akanya juga semakin membesar. Hingga akhrnya terbentuklah sebuah jembatan yang sampai saat ini digunakan. Beberapa wisatawan yang tertarik dan penasaran pun banyak yang mengunjungi objek wisata Jembatan Akar Bayang.

Demikianlah keunikan lokasi wisata Jembatan Akar Bayang yang ada di Painan. Sebagai jembatan hidup yang akar-akarnya terus tumbuh, jembatan ini semakin menarik minat para pecinta alam. Maka dari itu anda yang mengaku cinta alam wajib mengunjungi tempat wisata yang satu ini. by.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.