Menikmati Gurihnya Ikan Bilis Di Danau Singkarak

Menikmati Gurihnya Ikan Bilis Di Danau Singkarak
Danau singkarak sebagai tempat wisata di daerah Solok mempunyai kuliner khasnya yaitu ikan bilis.
Berkunjung ke lokasi wisata Danau Singkarak memang tidak lengkap bila belum mencicipi kuliner khas Danau SIngkarak ini. Apalagi kalau bukan ikan bilis. Ikan berukuran kecil ini sangat renyah dan gurih sehingga sangat cocok dijadikan cemilan semari manikmati keindahan alam Danau Singkarak. Sebagai ikan yang hanya terdapat di tempat ini, tak heran jika ikan bilis menjadi kuliner favorit setiap pengunjung yang datang.

Khasiat ikan bilis
Meskipun berukuran kecil yaitu hanya sekitar 6-12 cm saja, ikan bilis memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Ikan yang bisa dimakan dari bagian kepala hingga ekor ini memiliki kandungan protein, lemak, dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh.

Bagian kepala ikan bilis memiliki kandungan protein paling banyak. Hal ini bisa mencegah terjadinya kerusakan sel-sel tubuh. Lemak yang terkandung dalam  ikan ini juga sangat rendah sehingga bisa menurunkan kolesterol.

Ikan bilis yang hanya bisa ditemukan di tempat wisata Danau Singkarak ini banyak dijual di setiap kedai. Namun pembeli juga harus tetap berhati-hati karena ada beberapa pedagang yang menjual ikan bilis dari danau toba dimana ikan tersebut sebenarnya adalah ikan pora-pora.

Mata Pencaharian Penduduk Setempat

Penduduk yang tinggal di sekitar Danau Singkarak rata-rata bermata pencaharian sebagai nelayan ikan bilis. Mereka bisa memenuhi kebutuhannya hanya dengan menangkap ikan bilis saja. Selanjutnya ikan bilis hasil tangkapan ini bisa diolah menjadi berbagai macam bentuk. Selanjutnya hasil olahan tadi dijual di sekitar Danau Singkarak dan dikirim ke luar kota seperti Jakarta dan sekitarnya.

Lokasi wisata Danau Singkarak menyajikan berbagai macam bentuk olahan ikan bilis. Ada yang berupa bilis goreng, rendang bilis, sale bilis dan masih banyak lagi. Harga jualnya sendiri masih cukup mahal namun karena rasa gurih dan renyahnya, pengunjung tidak akan mempermasalahkan harga yang dipatok.

Jadi, jika anda berkunjung ke tempat wisata Danau Singkarak, cobalah untuk mencicipi kuliner favorit yang satu ini. Selain untuk dimakan di tempat, beberapa penjual biasanya juga menyediakan ikan bilis yang bisa dibawa pulang sehingga bisa dijadikan oleh-oleh. By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.