Keindahan Rumah Gadang Cupak di Solok

Kunjungi objek wisata budaya Rumah Gadang di Cupak Solok
Kabupaten Solok mungkin terkenal dengan keindahan danau-danaunya seperti Singkarak dan Danau Kembar, serta potensi wisata alam dengan gunung talang dan perbukitan yang asri. Akan tetapi, Solok juga menyimpan berbagai objek wisata budaya yang indah dan memiliki nilai sejarah serta seni yang tinggi, salah satunya adalah rumah gadang Cupak.

Rumah gadang Cupak adalah salah satu rumah gadang yang ada di Kenagarian Cupak di Solok, selain rumah gadang Datuak Bagindo Majolelo di Paninggahan dan rumah gadang Sulik Aia. Walaupun sudah berusia ratusan tahun, namun rumah gadang ini masih terawat dan memiliki detail-detail seni serta arsitektur yang indah serta menakjubkan.

Ketika memasuki area rumah gadang ini, Anda akan melihat area depan, jalur masuk dan taman yang sangat bersih serta terawat. Kondisi rumah gadang juga masih bagus, dengan ukiran di dindingnya masih utuh dan atapnya yang meruncing yang menjadi ciri khasnya. Karena renovasi, atap rumah gadang yang dulunya terbuat dari ijuk ini sekarang sudah berubah menjadi atap lengkung dari seng.

Menaiki tangga tunggal yang ada di bagian depan, Anda akan melihat ukiran yang sangat detail pada papan-papan yang menjadi dinding. Ukiran tersebut berupa motif hias berulang yang menggambarkan, bunga, sulur tanaman, buah dan motif geometris.

Ketika masuk ke dalam rumah gadang Cupak ini, Anda akan disambut dengan ruang luas bertiang-tiang, serta beberapa kamar yang diperuntukkan bagi penghuninya, dimana tiap penghuni mendapat jenis kamar yang lokasinya berbeda sesuai statusnya. Di bagian belakangnya, terdapat ruang yang difungsikan sebagai dapur.

Rumah gadang Cupak termasuk salah satu bangunan yang istimewa, karena rumah gadang di Sumatra Barat sejatinya tidak boleh dibangun di sembarang tempat, kecuali jika tempat tersebut adalah bagian dari area yang berstatus nagari, yang walaupun berstatus di bawah kecamatan, namun pada kenyataannya lebih seperti suatu republik mini dengan sistem pemerintahan khusus berlatar-belakang adat istiadat.

Keindahan rumah gadang Cupak membuatnya dijadikan salah satu objek wisata budaya terkenal di Solok, dan sering direkomendasikan pada turis yang berkunjung ke sana. Hal ini tentu tidak lepas dari status Solok yang dijuluki Negeri Seribu Rumah Gadang.
by.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.