Kantor Bupati Arosuka dan Patung Ayam-Solok

kantor Bupati Arosuka dan patung ayam di kabupaten Solok
Photo by. wisata kompasiana
Berikut ini adalah keunikan kantor Bupati Arosuka dan patung ayam yang dijadikan objek wisata yang terletak di depannya.

Kabupaten Solok adalah wilayah yang berada di Propinsi Sumatra Barat dan berjarak sekitar  40 Km dari kota Padang, ibukota Sumatra Barat. Pusat pemerintahan Kabupaten Solok berada di kayu Aro Sukarami, yang biasa disingkat dengan nama Arosuka. Wilayah ini dikenal sebagai sentra produksi beras yang terbesar di Sumatra Barat, selain itu obyek wisata populer  Danau Singkarak yang termasyur dengan keindahannya juga berada di wilayah tersebut. Danau Singkarak bahkan dinobatkan sebagai salah satu tempat wisata yang terbaik di Indonesia.

Lokasi wisata Danau Singkarak kian populer karena menjadi tuan rumah rutin perhelatan balap sepeda internasional “Tour De Singkarak” sejak tahun 2008. Perhelatan ini tentu merupakan kesempatan besar untuk mempromosikan objek wisata Danau Singkarak pada khususnya, dan tempat pariwisata lain di Kabupaten Solok.   

Kantor Bupati Arosuka
Setelah pusat pemerintahan dipindahkan ke wilayah Arosuka akibat adanya pemekaran wilayah, pemerintah mulai berbenah dengan mendirikan berbagai sarana dan prasarana untuk memfasilitasi para karyawan dan masyarakat di sekitar daerah pusat pemerintahan tersebut.  Sarana dan prasarana yang dibangun itu antara lain, rumah dinas pegawai, rumah sakit, sekolah-sekolah, dan berbagai macam toko. Selain itu, pembangunan itu juga termasuk kantor dan rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati yang terletak di wilayah dataran tinggi. Tujuan pembangunan kantor di wilayah perbukitan adalah agar Bupati dan Wakil Bupati dapat memantau kegiatan para pegawainya dengan teropong yang rencananya akan segera dipasang.

Patung ayam jantan
Ayam kukuak balenggek adalah satwa khas Kabupaten Solok yang dijadikan sebagai maskot daerah karena daerah penyebarannya hanya meliputi wilayah kabupaten Solok dan tidak ditemukan di daerah lain. Ayam ini istimewa karena memiliki keunikan pada suara kokoknya, yaitu bertingkat-tingkat yang tidak ditemui pada kokok ayam jenis lainnya, sehingga masyarakat membudidayakannya sebagai ayam berkicau atau penyanyi. 

Untuk semakin mengukuhkan ayam kukuak balenggek sebagai maskot Kabupaten Solok, pemerintah daerah membangun patung ayam unik tersebut di pertigaan jalan menuju ke kantor Bupati dan Wakil Bupati. Patung ini pun populer sebagai objek wisata, terbukti dengan banyaknya wisatawan atau pun penduduk lokal berfoto dengan latar belakang ayam kukuak balenggek ini. Bagi Anda para penghobi binatang unggas sebagai peliharaan, mungkin Anda harus berkunjung ke Kabupaten Solok untuk mendengarkan kokok bertingkat ayam kukuak balenggek ini. By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.