Istano Basa Pagaruyung-Tempat Liburan Keluarga

Istano Basa Pagaruyung merupakan salah satu bukti nyatanya adanya Kerajaan Pagaruyung dan merupakan objek wisata sejarah andalan, bukan hanya di Kabupaten Tanah Datar, namun juga di Propinsi Sumatera Barat secara umum.

Batusangkar merupakan salah satu Kota yang ada di Sumatera Barat dan memiliki beberapa situs sejarah, karena daerah ini merupakan pusat Kerajaan Pagaruyung yang didirikan oleh Adityawarman. Istano Basa Pagaruyung adalah sisa dari peninggalan Kerajaan Pagaruyung dan saat ini merupakan salah satu tempat liburan andalan di Kabupaten Tanah Datar secara khusus, dan Propinsi Sumatera Barat secara umum.

Istano Basa Pagaruyung merupakan bangunan khas Minangkabau yang termegah. Nama Pagaruyung sendiri diambil dari nama kerajaan yang pernah berkuasa di wilayah tersebut. Raja pertamanya bernama Adityawarman yang merupakan keturunan Jawa-Minangkabau.

Tempat liburan keluarga ini terdiri dari dari tiga tingkat dan 11 puncak atap dengan tinggi 60 meter yang atapnya terbuat dari ijuk. Dindingnya menunjukkan ciri khas Minangkabau dengan berbagai ukiran-ukiran indah.

Tempat asli istana kerajaan Pagaruyung terletak di sebuah bukit yang bernama Bukit Batu Patah. Istana ini juga digelari istana Si Linduang Bulan. Meskipun bukan lagi merupoakan istana asli yang didiami oleh Raja-Raja Pagaruyung, istana merupakan replika asli istana tersebut.

Kebakaran Istano Basa Pagaruyung
Pada tahun 2007, objek wisata ini pernah mengalami kebakaran yang disebabkan oleh angin tropis monsoon. Angin tersebut memicu kebakaran istana, hingga hampir semua bagian istana habis dilalap api. Pemadam kebakaran pun tidak berani untuk mendekat hingga beberapa lumbung padi di dekat istana tersebut pun ikut terbakar. Namun hingga kini, istana basa Pagaruyung masih terus dipugar akibat dari kebakaran yang pernah terjadi.

Bukti Nyata Kerajaan Pagaruyung
Keberadaan Istano Basa Pagaruyung menjadi bukti nyata keberadaan Kerajaan Pagaruyung yang pernah berkuasa di Pulau Sumatera. Kehancuran istana pada masa itu terjadi karena adanya perang dan istana pun kembali dibangun secara sederhana.

Untuk melestarikan sisa peninggalan sejarah kerajaan Minangkabau di Sumatera Barat, pemerintah daerah setempat maupun pemerintah Propinsi Sumatera Barat terus menyempurnakan dan melengkapi sarananya, sehingga Istano Basa Pagaruyung menjadi tempat liburan yang tepat bagi keluarga, terutama keluarga yang memiliki anak usia sekolah.

Pengetahuan tentang sejarah diharapkan dapat meningkatkan kecintaan anak untuk melestarikan kebudayaan lokal. Sebagai salah satu objek wisata andalan di Sumatera Barat, Istano Basa Pagaruyung cukup mudah diakses karena letaknya sangat strategis, di wilayah Kota Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar. by.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.