Desa Pariangan-Tempat Liburan Bersejarah

Desa Pariangan adalah tempat berasalnya sistem pemerintahan Minangkabau. Namun, desa ini juga menyuguhkan panorama alam yang mengangumkan sebagai lokasi wisata budaya sekaligus wisata alam untuk anda dan keluarga.

Pesona Desa Pariangan Sebagai Lokasi Wisata Sejarah dan Wisata Alam

Tidak ada yang menyangkal bahwa sistem pemerintahan Minangkabau berasal dari Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Namun, siapa yang menyangka bahwa cikal-bakal kehidupan Minangkabau berasal dari sebuah desa atau nagari yang berada di jalan raya Batusangkar Padang Panjang, yakni Nagari Tuo Pariangan.

Diyakini bahwa di sinilah nenek moyang orang Minangkabau pernah hidup. Karena unsur sejarahnya, Desa Pariangan merupakan salah satu lokasi wisata budaya andalan di Batusangkar  Kabupaten Tanah Datar.

Desa Pariangan disebut sebagai Nagari Tuo, yakni desa tertua di Minangkabau, karena di sinilah lahirnya kebudayaan Minangkabau. Dugaan ini diperkuat dengan ditemukannya bukti sejarah seperti Prasasti Menshir, Batu Tigo Luak, Balai Saruang, dan lain-lain. 

Daya Tarik Desa Pariangan
Sejarah lahirnya kebudayaan Minangkabau ternyata bukan satu-satunya alasan bagi pemerintah setempat untuk menjadikan Desa Pariangan sebagai tempat liburan yang menarik. Secara fisik. pemandangan alam di Desa Pariangan sangat mamukau. Panorama alam yang memikat dilengkapi dengan udara khas pegunungan yang sejuk dan membuat anda betah untuk berlama-lama di desa ini.

Nagari Tuo Pariangan berada di  lereng dari Gunung Merapi yang masih aktif.  Di nagari ini juga terdapat lokasi wisata lain, yakni pemandian air panas, yang diyakini berasal dari Gunung Merapi. Kandungan sulfurnya sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Kebudayaan Minangkabau di Desa Pariangan masih kental di Desa Pariangan. Anda masih bisa menemukan arsitektur khas Minangkabau, yakni bangunan rumah yang terbuat dari anyaman rotan dan ukiran kayu yang indah. Segala bangunan yang menjadi ciri khas kehidupan adat Minangkabau masih ada di Nagari Tuo Pariangan, seperti mesjid, balairung, dan lumbung padi. Bahkan, mesjid yang ada di nagari ini merupakan salah satu mesjid terbesar di abad ke 19. Banyak nilai sejarah terkandung di dalamnya.

Liburan ke Desa Pariangan
Kombinasi sejarah dan keindahan panorama alam menjadikan Nagari Tuo Pariangan sebagai salah satu tempat liburan yang cocok bagi anda dan keluarga. Anda tidak akan kecewa dengan suguhan alamnya. Bahkan keindahan Desa Pariangan sempat disandingkan dengan Swiss yang terkenal dengan Pegunungan Alphennya.

Selain menikmati liburan yang menyenangkan, anda bisa memberi tambahan ilmu pengetahuan yang sangat berharga bagi anak anda tentang asal-usul sejarah dan kebudayaan Minangkabau di   Sumatera Barat. Dengan begitu, anak-anak akan semakin mencintai Indonesia yang kaya akan budaya. by.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.