objek wisata Great Wall Koto Gadang

Great Wall Koto Gadang adalah sebuah janjang untuk pejalan kaki yang menghubungkan Ngarai Sianok dengan koto Gadang. Arsitektur bangunannya mengadopsi tembok raksasa China.

Bukittinggi memang tidak ada matinya sebagai kota yang memiliki banyak objek wisata. Tempat wisata yang baru-baru ini diresmikan adalah Great Wall Koto Gadang. Dengan mengadopsi salah satu tujuh keajaiban dunia yaitu tembok raksasa China, Great Wall Koto Gadang menjadi sebuah bangunan yang berdiri kokoh sebagai janjang atau jenjang yang membentang dari Ngarai Sianok hingga ke Nagari Koto Gadang.

Pembangunan Great Wall Koto Gadang

Objek wisata Great Wall Koto Gadang dibangun sebagai perbaikan untuk Janjang Koto Gadang dengan menambahkan sentuhan seni arsitektur yang mengadopsi bangunan tembok raksasa China. Janjang atau tangga ini digunakan untuk pejalan kaki di sekitar kawasan Ngarai Sianok sampai ke Koto Gadang. Namun, karena pemandangan alam yang indah dan arsitektur yang menarik, jenjang ini menjadi objek wisata baru di Kota Bukittinggi.

Latar belakang pembangunan objek wisata Great Wall Koto Gadang didasari dari sulitnya akses jalan dari Koto Gadang ke Ngarai Sianok. Akibatnya, masyarakat Nagari Koto Gadang maupun pengunjung harus jakan memutar, padahal jaraknya cukup dekat. Wisatawan enggan untuk mampir. Selain itu, pembangunannya juga akan menunjang perekonomian penduduk sekitar yang bermata pencaharian sebagai pengrajin. Dengan adanya Great Wall Koto Gadang ini, maka para wisatawan yang datang akan lebih banyak dan kerajinan yang dibuat penduduk sekitar akan laku terjual.

Selain itu, pembangunan Great Wall Koto Gadang juga bertujuan untuk mengenang seorang pahlawan Sumatera Barat yang bernama H. Agus Salim. Monumen pahlawan H. Agus Salim dibangun di bagian ujung jalan. Dengan adanya monumen tersebut, maka semakin lengkaplah objek wisata yang satu ini.

Target Pencapaian Great Wall Koto Gadang

Target pencapaian pendirian objek wisata Great Wall Koto Gadang adalah untuk membentuk trail pejalan kali yang akan digunakan sebagai akses perjalanan dari Ngarai Sianok menuju Koto Gadang. Perbaikan akses dari objek wisata andalan Bukittinggi ke sentra kerajinan penduduk diharapkan akan dapat menopang kehidupan perekonomian masyarakat di Nagari Koto Gadang. Sepanjang trail juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti mushola untuk beribadah, tempat istirahat dan toko oleh-oleh. Hal inilah yang nantinya dapat menarik mnak wisatawan lebih banyak lagi.By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.