Ngarai Sianok Tujuan Liburan di Bukittinggi

Ngarai sianok tujuan liburan di Bukittinggi
Ngarai Sianok merupakan lembah curam dengan segala keindahannya dan terletak di daerah Bukittinggi.

Bukittinggi merupakan Kota wisata sekaligus kota yang menyimpan sejarah perjuangan Rakyat Minang melawan penjajah. Akibatnya, Kota Bukittinggi memiliki banyak tempat bersejarah yang saat ini dijadikan sebagai objek wisata. Sebut saja Jam Gadang, Ngarai Sianok, Benteng Fort de KockPasar Atas, dan Lobang Jepang. Salah satu tempat wisata yang ideal sebagai tujuan liburan keluarga adalah Ngarai Sianok - sebuah lembah dengan keindahan panorama alamnya dapat disaksikan dan memanjakan mata setiap pengunjungnya.

Lokasi dan Kondisi Fisik Ngarai Sianok

Ngarai Sianok terletak di perbatasan Kota Bukittinggi sekaligus menjadi garis batas bagian Selatan Ngarai Koto Gadang sampai Sianok Anam Suku, hingga berakhr di daerah Palupuh. Pemandangan yang ada di tempat ini sangat indah dan menjadi salah satu lokasi wisata andalan. Lokasi yang sejuk dengan pemandangan alam yang mengagumkan menjadikannya  sebagai suatu tempat yang ideal untuk berlibur bersama keluarga.

Kedalaman lembah Ngarai Sianok yaitu sekitar 100 meter dengan panjang 15 km dan lebar 200 m. Ngara Sianok juga merupakan bagian dari patahan yang menjadi pemisah Pulau Sumatera menjadi 2 patahan secara memanjang, yakni Patahan Semangka.

Patahan  Ngarai Sianok membentuk dinding curam dan juga membentuk lembah hijau yang terbentuk secara alami yaitu melalui gerakan turunnya kulit bumi dan dialiri dengan batang atau Sungai Sianok. Pada zaman Belanda, Ngarai Sianok juga disebut sebagai Kerbau karena banyaknya kerbau liar yang berada di dasar Ngarai ini.

Penjelajahan Ngarai Sianok

Sebagai salah satu tujuan liburan di Bukittinggi, Ngarai Sianok dapat dinikmati dengan menjelajahi Sungai Sianok. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kano atau kayak sebagai sarananya. Rute yng akan dilalui adalah dari Nagari Lambah hingga Jorong  Sitingkai Nagari Palupuh dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam.

Pada bagian tepi Ngarai, dapat dijumpai berbagai flora dan fauna, di antaranya tanaman obat-obatan dan refflesia. Faunanya antara lain monyet ekor panjang, tapir, macan tutul, simpai dan masih banyak lagi. Hal ini semakin menambah keindahan Ngarai Sianok.

Keindahan alam Ngarai Sianok sebagai daerah tujuan liburan tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa mengabadikan momen-momen indah dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Lokasinya sangat mudah diakses dari pusat Kota Bukittinggi.By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.