Jam Gadang-Objek Wisata Terpaforit

Jam Gadang-Objek Wisata Terpaforit
Jam Gadang adalah landmark Kota Bukittinggi, sekaligus merupakan suatu objek wisata yang menyimpan banyak sejarah perjuangan bangsa ini.

Kilasan Jam Gadang
Jam Gadang Objek wisata terpaforit yang paling terkenal di Sumatera Barat, tepatnya di daerah Bukittinggi. Bahkan jam gadang menjadi simbol untuk provinsi Sumatera Barat. Pembangunnnya dilakukan pada zaman pemerintahan kolonial Belanda yang selanjutnya terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Sejarah Jam Gadang
Menurut catatan sejarah, diketahui bahwa pembangunan jam gadang selesai pada tahun 1926 sebagai pemberian dari Ratu Belanda kepada sekretaris di masa pemerintahan Belanda yaitu Rook Maker. Yazid Rajo Mangkuto adalah orang yang dipercaya menjadi arsitektur bangunannya. Peletakan batu pertama jam gadang dilakukan oleh putra Rook Maker yang saat itu masih berusia 6 tahun.

Bangunan yang selanjutnya menjadi objek wisata terpaforit di Bukittinggi sekaligus menjadi landmark Kota Bukittinggi ini menghabiskan dana pembangunan yang cukup besar, yakni sebesar 3000 Gulden. Biaya yang cukup fantastis ini menghasilkan bangunan jam ysng menarik perhatian semua orang.

Keunikan Jam Gadang
Disamping kemegahan bangunannya, jam gadang ternyata memiliki beberapa keunikan tersendiri. Keunikan yang pertama adalah pada proses pembangunannya yang terbuat dari campuran semen putih dengan putih telur.

Keunikan lain dari objek wisata jam gadang yang satu ini dan bahkan masih menjadi misteri hingga saat ini yaitu angka romawi yang berada pada bagian jam. Sebagaimana mestinya, simbol romawi untuk angka 4 adalah IV, namun yang tertera pada jam gadang adalah IIII. Hal inilah yang menjadi keunikan sekaligus masih merupakan misteri yang belum terpecahkan.

Banyak yang menyatakan bahwa angka tersebut menunjukkan jumlah korban yang meninggal akibat pembangunan jam gadang tersebut. Hal ini tidak mengherankan mengingat proses pembuatannya yang harus mencampurkan semen dengan putih telur. Namun, ada lagi yang menyatakan kalau itu hanya kesalahan semata. Hingga saat ini, belum ada penjelasan yang dapat diterima umum mengenai keanehan ini.

Bagaimanapun misteri yang ada pada objek wisata jam gadang ini. Sebagai rakyat Indonesia kita semua harus bangga akan adanya sebuah bangunan megah yang masih berdiri kokoh di jantung Kota Bukittinggi. Bahkan panorama indah Kota Bukittinggi dapat disaksikan melalui puncak menara jam gadang. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.