Lokasi Wisata di Kabupaten Pasaman

Museum Tuanku Imam Bonjol di Pasaman
Kabupaten Pasaman merupakan Kabupaten yang terletak paling Utara dari propinsi Sumatera Barat.
dengan luas daerah 3.947,63 Km2 atau setara dengan 9,33% dari luas Propinsi Sumatera Barat yang terdiri dari 12 kecamatan, 32 jorong dan 209 nagari. Kabupaten Pasaman memiliki banyak tempat wisata yang potensial dan menarik untuk dikembangkan. Selain objek wisata alam, Pasaman juga memiliki objek wisata sejarah. Objek-objek wisata tersebut adalah sebagai berikut :

1. Monumen Equator
Monumen ini adalah tugu lintasan khatulistiwa berupa bola dunia yang disangga oleh tiga tiang utama. Dari komplek monumen yang memiliki areal seluas 4 ha ini, wisatawan bisa mendatangi Museum Tuanku Imam Bonjol dan beragam souvenir khas Pasaman. Ada yang unik dari monumen ini yaitu setiap pengunjung yang melintas oleh pengelola monumen akan diberikan selembar sertifikat sebagai pertanda kita telah pernah melewati garis tengah dunia itu. Museum Tuanku Imam Bonjol terletak di kecamatan Bonjol tepat pada garis lintang Khatulistiwa. Pada museum tersebut terdapat benda-benda peninggalan sejarah berupa keris, pedang, kitab-kitab yang menggambarkan perjuangan Tuanku Imam Bonjol sewaktu memimpin perang Padri.

2. Taman Wisata Alam Rimbo Panti
Taman wisata ini adalah bagian dari cagar alam seluas 570 ha. Objek wisata alam berhawa sejuk dengan spesies herbarium tanaman langka ini, hanya berjarak 180 KM dari Kota Padang. Di areal ini, selain dikenal dengan herbarium juga masih didiami oleh binatang langka yang dilindungi seperti: Harimau Sumatera, Macan Tutul, Tapir, Rusa, Kambing Hutan, Beruang Madu, Siamang dan ratusan jenis burung. Kawasan objek wisata Rimbo Panti,berada di lintasan jalan Sumatera yang membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan, letaknya yang sangat strategis membuat wisatawan mudah menjangkau daerah ini. Objek wisata rimbo panti ini memiliki banyak spesies tanaman pohon yang mampu dikelola secara optimal untuk menjadi daya tarik pengunjung. Selain itu disana juga mempunyai kolam pemandian air panas dengan suhu 100 derjat celcius.

3. Situs Prasasti Kubu Sutan
Situs berukuran 5 X 5 M ini terdapat di Kecamatan Rao tepatnya di Desa Lubuk Layang. Berbeda dengan situs prasasti lainnya, situs ini sebagian badannya terpendam di dalam tanah. Selain itu, situs ini juga berada dalam posisi miring. Prasasti ini menceritakan tentang keberadaan dua tokoh yaitu Jayawarman dan Jayendrawarman.

4. Candi Tanjung Medan
Komplek candi ini hanya berada 100 M dari Jalan Lintas Sumatera Lubuk Sikaping-Medan. berbeda dengan komplek percandian lainnya, Candi Tanjung Medan masih dikelilingi kawasan perkebunan kelapa sawit dan karet.

5. Benteng Van Amorogen
Dulunya digunakan Mayor Belanda Van Amorogen untuk mempertahankan diri sekaligus mengatur strategi untuk menyerang pasukan Tuanku Imam Bonjol. Bekas benteng ini berupa parit berbentuk tapal kuda.Sumber: Pasamankab


 
Member Asita Pelangi Holiday