Sekilas-Profil Objek Wisata Danau Singkarak

Danau Singkarak di Sumatera Barat
Photo by.Community Padang
Danau Singkarak, adalah danau terluas ke-2 setelah Danau Toba yang berada di Sumatera Utara. Luasnya yang mencapai 107,9 km persegi membentang di dua kabupaten  Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Sumatera Barat. Danau Singkarak juga merupakan hulu dari Sungai Ombilin dan Sungai Anai dan  Danau Singkarak juga Salah Satu ikon Pariwisata Sumatera Barat.

Keindahan alam, kesejukan udaranya, dan air yang jernih menjadi daya tarik wisatawan untuk berlibur ke wisata alam ini. Bila ingin menikmati danau ini dari dekat, wisatawan bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau dengan harga yang terjangkau.

Faktanya danau yang berada pada ketinggian 362,5 m ini juga dihuni oleh spesies ikan yang hanya bisa hidup di perairan ini. Ikan-ikan tersebut dinamakan Ikan Bilih (Mystacoleuseus Padangensis) oleh masyarakat setempat. Tidak ada yang bisa membudidayakan ikan ini di luar habitatnya, sekalipun dengan jala terapung yang ada di Danau Singkarak.

Pada moment-moment tertentu sering diadakan perlombatan/event perahu tradisional tingkat daerah ataupun tingkat nasional di danau ini. Selain untuk berekreasi, aliran air Danau Singkarak juga digunakan sebagai penggerak generator PLTA Singkarak yang berada di dekat Lubuk Alung.

Wisatawan yang ingin menghabiskan malam di daerah ini bisa menggunakan sarana penginapan berupa hotel dan wisma yang ada di sepanjang danau.(Hotel Palapa,Jayakarta dan Hotel Sumpur). Kalau untuk urusan perut, wisata bisa memilih tempat makan yang banyak berjejer di lokasi wisata dengan menu yang beraneka ragam.

Wisata alam yang satu ini memang pantas untuk dikunjungi saat liburan bersama keluarga dan teman-teman. Akses yang dilewati bisa ditempuh melalui jalur darat. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi dalam waktu 2,5 jam dari Kota Padang.

Untuk persoalan biaya transportasi cukup tejangkau. Biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan kendaraan umum berkisar antara Rp20.000 sampai dengan Rp25.000. Bila ingin menggunakan jasa mobilsewaan, wisatawan perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp400.000 per hari. Sumber:Desi Puspasari- Detik Travel.

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.