Aneka Kuliner Kabupaten Tanah Datar- Batusangkar

Kabupaten Tanah Datar dengan ibukotanya Batusangkar merupakan salah satu dari 19 Kab/Kota di Provinsi Sumatera Barat. Selain memiliki objek wisata, Kabupaten Tanah Datar  juga memiliki wisata kuliner yang enak untuk menggoyang lidah. Penasaran dengan Wisata Kuliner  yang ada di Kabupaten ini?? Marilah beramai-ramai kita liat hidangan nya....

1. Lamang Tapai.
Lamang adalah makanan khas Kab.Tanah Datar yang terbuat dari ketan putih yang dimasak dalam wadah sebuah tabung bambu , lamang biasanya disajikan dengan Tapai yang terbuat dari ketan hitam.


2. Randang Baluik
Randang Baluik ( rendang belut ) adalah makanan yang terbuat dari belut yang telah dicampur-rempah, yang pembuatannnya sama dengan rendang daging. Randang Baluik hanya ada di Kecamatan Sungai Tarab, Tanajung Emas, dan Lima Kaum.


3. Dadiah.
Dadiah adalah makanan yang berasal dari susu murni kerbau yang disimpan dalam tabung bambu, rasanya yang khas dan disajikan dengan ampiang dan gula enau.


4. Daun Kawa
Minuman spesifik nenek moyang Minangkabau yang bermukim didaerah pegunungan. Dibuat dari daun kopi yang dikeringkan, lalu direbus.Disamping rasanya enak juga berkhasiat untuk menghangatkan tubuh .


5. Pangek Ikan Lapuak.
Makanan khas Kab.Tanah Datar yang menjadi icon Kecamatan Tanjung Baru, bahan dasarnya dari ikan tawar dicampur dengan rempah-rempah, dimasak dalam periuk tanah ( belango ) selam satu hari satu malam. Rasanya sangat enak dan tulang ikannya sangat empuk.


6. Pisang Sale
Pisang Sale yang bahan dasarnya berasal dari piang yang telah dikeringkan dan tanpa menggunakan bahan pengawet, terdapat di Kecamatan Salimpaung kabupaten Tanah Datar.


7. Kerupuk Kulit.
Umumnya di Sumatera Barat masing - masing kabupaten mempunyai produksi kerupuk kulit. namun, yang menjadi ciri khas lain dari tiap-tiap kabupaten tersebut adalah dengan rasanya yang gurih dan kriuk-kriuk . Sumber: Bpk Sumbar

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.